Tutorial Cara Pindah Hosting Website WordPress di cPanel

Tutorial Cara Pindah Hosting Website WordPress di cPanel

28 August 2018 0 By ryandipranata

Pada postingan pertama di blog baru ini, saya akan mengulas tutorial cara pindah hosting WordPress ke hosting lain. Mungkin Anda merasa hosting yang sedang Anda pakai sekarang sering down, atau Anda ingin pindah hosting karena bandwith Anda tidak mencukupi dengan banyaknya pengunjung yang masuk. Dengan tutorial ini saya berharap bisa mempermudah pekerjaan Anda dalam memindahkan hosting WordPress di cPanel.

Kalau saya pribadi sering melakukan pindah hosting dikarenakan bandwith di hosting sebelumnya tidak mencukupi dikarenakan meningkatnya jumlah pengunjung di beberapa blog saya. Akibatnya bandwith hosting saya pun limit, yang mengakibatkan web saya sempat down selama sehari penuh. Mau tidak mau, saya pun harus memindahkan web saya ke hosting baru yang lebih tahan bandwith nya.

Sayangnya, tutorial cara pindah hosting wordpress yang banyak tersebar di google pun tidak semuanya bisa berhasil Anda ikuti langkah-langkahnya. Karena sebagian merupakan hasil asal-asalan copas dan tidak memperhatikan kebenarannya dulu. Alhasil, bukannya sukses pindah hosting tetapi web Anda malah error.

Tenang, bagi Anda yang masih belum menemukan cara pindah hosting wordpress yang tepat silahkan lanjut baca artikel ini. Pada artikel kali ini saya akan berbagi sedikit ramuan saya cara pindah hosting wordpress super cepat dan aman.

Tutorial Cara Pindah Hosting WordPress

1. Backup Data di Hosting Lama

a). Backup wp-content

– Masuk ke CPanel – File Manager – klik public_html
– Klik sekali pada folder wp-content
– Klik tombol Compress yang ada di bagian atas
– Klik 2x pada hasil compress Anda. Maka otomatis file wp-content akan terdownload

cara pindah hosting wordpress

 

b). Backup database

– Masuk ke CPanel – Backup Wizad – Back Up
– Selanjutnya ada pilihan Full Backup dan Partial Backup. Pilih di bagian Partial Backup, MySQL Databases
– Klik nama database yang Anda gunakan pada WordPress
– Download dan simpan database wordpress Anda

cara pindah hosting

2. Setting Nameserver pada Domain

Sekarang Anda wajib setting nameserver domain Anda ke hosting baru. Setiap hosting mempunyai nameserver yang berbeda-beda. Biasanya nameserver selalu disertakan pada email saat Anda membeli hosting. Atau untuk lebih jelasnya silahkan menghubungin pihak Hosting kalian masing-masing untuk informasi nameserver yang digunakan pada pihak penyedia hosting Anda.

3. Setting di Hosting Baru

a). Upload wp-content

– Tambahkan (Add-on) domain Anda di hosting yang baru
– Install WordPress terbaru pada domain tersebut
– Masuk ke CPanel – File Manager
– Upload wp-content hasil download Anda tadi. Jangan lupa ekstrak wp-content nya, maka otomatis wp-content Anda yang lama akan tertimpa dengan wp-content Anda yang hasil download tadi

b). Upload database

– Masuk ke CPanel – PHPMyAdmin
– Masuk ke database WordPress baru Anda.
– Beri centang semua table lalu klik tanda DROP semua row yang ada.
– Kemudia klik menu Import, lalu pilih file database yang sudah Anda download tadi
– Selesai

Gimana cara pindah hosting WordPress-nya? Gampang kan? Jadi Anda tidak perlu bayar orang lain untuk memindahkan wordpress Anda ke hosting baru. Cukup ikuti langkah cara pindah hosting wordpress yang saya bagikan ini.

Bagi Anda yang masih error dalam mengikuti tutorial di atas silahkan hubungi saya. Tetapi jika Anda mengikuti dengan teliti cara pindah hosting wordpress di atas, saya jamin akan berhasil.